Apa Perbedaan SEO, SEM, SMO dan SMM Dalam Optimasi Website?

perbedaan seo sem dan smm

Apa Perbedaan SEO, SEM, SMO dan SMM Dalam Optimasi Website? Berikut Penjelasannya

ANWARI MEDIA – Penyedia Jasa SEO Murah Bergaransi | Untuk dapat meningkatkan marketing Anda di dunia digital, cara yang paling sering dipilih adalah optimasi website menggunakan teknik SEO. Teknik ini dianggap akan membuat website Anda dapat muncul di barisan teratas di mesin pencarian. Namun, apakah Anda juga mengetahui tentang SEM, SMO, SMM?

Istilah Optimasi dalam Internet Marketing

Ternyata tidak hanya SEO saja yang berperan penting dalam memajukan website. Tetapi SEM, SMO dan SMM juga dapat membantu website Anda berada di halaman atas mesin pencarian. Mungkin ada yang belum mengetahui apa itu SEM, SMO dan juga SMM? Di bawah ini akan dijelaskan ya apa saja istilah-istilah tersebut.

SEO

SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimization. Teknik SEO sangat berpengaruh terhadap posisi website di mesin pencarian. Agar SEO berhasil dibutuhkan kata kunci yang unik dan memiliki pesaing sedikit. Maka dari itu, sebelumnya Anda menggunakan sebuah keyword atau kata kunci harus terlebih dahulu meneliti. Penelitian tersebut sangat menentukan kata kunci yang cocok untuk website Anda.

Mengenal SEM

Kepanjangan dari SEM yakni Search Engine Marketing. SEM ini jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan SEO. Tidak hanya akan muncul di barisan pertama mesin pencarian, tetapi optimasi website dengan SEM juga bisa mendatangkan pengunjung yang tertarget untuk website Anda.

Teknik ini pun memerlukan proses yang lebih panjang mulai dari penelitian terhadap kata kunci, analisa pesaing dan juga menggunakan tool posting yang berbayar agar mendapatkan trafik yang bagus.

Mengenal SMO

SMO adalah Social Media Optimization. Optimasi website melalui SMO adalah salah satu cara untuk meningkatkan website Anda secara tertarget. SMO ini peningkatannya melalui media sosial. Aktivitas di media sosial yang berpengaruh seperti share foto dan video, blogging ataupun aktivitas lain.

Akun sosial media yang bisa digunakan juga beragam yaitu bisa melalui Facebook, Twitter ataupun Instagram, dan dari situ Anda bisa menggunakan backlink. Seperti yang Anda tahu, bahwa penggunaan link dalam teknik ini sangatlah utama dan menentukan.

Mengenal SMM

SMM adalah singkatan dari Social Media Marketing, yaitu bentuk digital marketing dengan menggunakan media sosial. Pemasarannya tentu saja menggunakan media sosial, caranya adalah dengan berbagi konten yang telah dihasilkan melalui media sosial. Dari situlah Anda bisa mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas. Dengan SMM bisa menaikkan nilai jual produk yang Anda jual secara online.

Baca: Tips Meningkatkan Omset Bisnis dengan Teknik Optimasi Website

Dari keempat jenis optimasi website di atas, semuanya sangat menentukan terhadap trafik dari website Anda. Semuanya memiliki peran tersendiri dalam kemajuan website Anda. Dan semuanya sangat disarankan untuk digunakan.

Perbedaannya adalah dari cara meningkatkannya, ada yang melalui keyword yang minim akan pesaing. Ada yang menggunakan postingan yang berbayar agar mendatangkan pengunjung.

Ada yang menggunakan postingan dari media sosial, dan ada pula yang mencari jaringan seluas mungkin dengan mengunggah konten yang berhubungan dengan website Anda. Konten tersebut diunggah ke media sosial, sehingga diharapkan dapat membuat pengunjung tertarik. Demikian ulasan singkat tentang perbedaan SEO, SEM, SMO & SMM, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan